PEMAHAMAN FISIKA MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

  • Arik Aguk Wardoyo
  • Rizki Putri Wardani Universitas Jember
  • Naomi Dias Laksita Dewi Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember

Abstract

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan prodi yang berfokus dalm mendidik calon guru SD. Mahasiswa PGSD dituntut untuk menguasai 5 bidang studi meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Mahasiswa PGSD yang berasal dari lulusan SMA atau SMK memberikan tantang sendiri pada Mahasiswa PGSD dalam belajar di PGSD. Hal ini juga Ketika mahasiswa PGSD belajar konsep Fisika pada mata kuliah konsep dasar IPA. Pemahaman Fisika yang baik sangat penting bagi mahasiswa PGSD karena membantu mereke dalam memahami fenomena alam dan teknologi. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi Tingkat pemahaman Fisika mahasiswa PGSD Universitas Jember dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti. (2016). Developing Physics Conceptual Understanding of Pre-Service Teachers through Contextual Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(4), 671-688. (DOI: 10.1007/s10763-015-9623-4)
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2019). Kurikulum Pendidikan Guru SD.
Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi. (2020). Pedoman Pembelajaran Fisika di Sekolah Dasar.
Kuswanto. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Fisika Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 345-350.
Mulyani. (2018). Meningkatkan Pemahaman Fisika Mahasiswa PGSD melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 23-32. (DOI: 10.29303/jpft.v4i1.13)
Nugroho. (2020). Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa PGSD pada Materi Momentum. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 123-128.
Sulistiyono. (2020). Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 123-136. (DOI: 10.20961/jpfi.v10i2.37051)
Supriyadi. (2017). Improving Physics Understanding of Pre-Service Teachers through Technology-Enhanced Instruction. Journal of Science Teacher Education, 28(6), 539-554. (DOI: 10.1080/1046560X.2017.1343864)
Universitas Negeri Malang. (2018). Pedoman Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru SD.
Widyastuti. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD dalam Memahami Konsep Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 1-12. (DOI: 10.17509/jpp.v12i1.17551)
Published
2024-12-28
How to Cite
WARDOYO, Arik Aguk et al. PEMAHAMAN FISIKA MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA. ScienceEdu, [S.l.], p. 143-146, dec. 2024. ISSN 2685-2071. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/53621>. Date accessed: 03 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/se.v7i2.53621.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>