E-LKPD "Sahabat Kita" sebagai Alternatif Media Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN Sumber Alam 2 Bondowoso
Abstract
Permasalahan dunia Pendidikan khususnya di sekolah dasar saat ini yaitu terbatasnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik, inovatif, dan dapat memotivasi perserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD "Sahabat Kita" sebagai alternatif media peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya di SDN Sumber Alam 2 Bondowoso. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 8 langkah prosedur. Penelitian ini melibatkan subjek penelitian yang mencakup peserta didik kelas VA dan VB di SDN Sumber Alam 02 yang telah menerapkan kurikulum 2013. Pada penelitian ini, uji coba keefektifan produk dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan juga analisis respon peserta didik menggunakan SPSS. Data diperoleh melalui wawancara dan angket. Hasil validasi E-LKPD "Sahabat Kita" memperoleh skor valpro sebesar 88, menempatkannya dalam kategori sangat layak. Dilakukan evaluasi hasil belajar peserta didik yang menunjukkan hasil uji keefektifan sebesar 47,7% dikategorikan sebagai tingkat keefektifan sedang. Sedangkan uji keefektifan berdasarkan respon peserta didik memperoleh skor 79,5 % dengan kepraktisan sebesar 75,1% yang termasuk kategori cukup efektif dan praktis. Ini menunjukkan bahwa respons peserta didik di SDN Sumber Alam 2 Bondowoso terhadap penggunaan media dalam pembelajaran mencapai tingkat efektivitas dan praktis yang memadai. Hal ini menunjukkan bahwasannya LKPD “Sahabat Kita” sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan karena telah mencapai tingkat efektivitas dan praktis yang memadai.