TEMBAKAU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA PADA MASYARAKAT JEMBER

  • Yolanda Permatasari Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dan mendeskripsikan bagaimana eksistensi tembakau menjadi determinan faktor budaya masyarakat di Kabupaten Jember. Tembakau begitu lekat dengan kehidupan masyarakat Jember, karena jember adalah daearah penghasil dan pengolah tembakau dengan beraneka produknya. Oleh karena itu, eksistensi tembakau mempengaruhi budaya masyarakat jember, khusunya pada dimensi sistem ekonomi, identitas kemasyarakatan, kesenian dan pola interaksi masyrakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta obeservasi. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan teknik analisa interactive model dengan tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tembakau telah mempengaruhi sistem ekonomi masyarakat Jember dan melalui penyediaan lapangan kerja dan sistem utang-piutang yang khas di lingkungan petani tembakau. Di sisi lain, tembakau juga mempengaruhi identitas kemasyarakatan di Kabupaten Jember melalui lambing maupun logo dari beberapa institusi penting di Kabupaten Jember. Tidak hanya itu, tembakau juga menjadi inspirasi kesenian masyarakat Jember melalui tari lah bako dan juga batik motif khas Jember. Tembaku juga mempengaruhi pola interaksi yang ada dalam masyarakat petani tembakau, baik iteraksi sesama petani, petani dengan tengkulak, maupun tengkulak dengan gudang. Kesimpulannya, eksistensi tembakau terbukti mempengaruhi menjadi determinan faktor unsusr-unsur budaya.


Kata Kunci: Tembakau, unsur-unsur budaya, Jember

Published
2016-12-19
How to Cite
PERMATASARI, Yolanda; HUTAMA, Fajar Surya. TEMBAKAU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA PADA MASYARAKAT JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 139-144, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5858>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.