Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Audio dalam Bentuk Buku Saku “Alpharead” Terhadap Kemudahan Mengajar Guru di SD Labschool Universitas Jember

  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember
  • Fadhilah Noer Zannah Universitas Jember
  • Hani Fajri Ramadhani Universitas Jember
  • Finy Salsabil Kamilia Universitas Jember
  • Afnita Rani Universitas Jember
  • Kusumawati Shindi Nur Rahmawati Universitas Jember

Abstract

Menghadapi perkembangan teknologi, seorang guru harus melakukan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran berperan penting untuk memperlancar proses belajar mengajar dan membantu guru lebih mudah menyampaikan materi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality audio melalui Buku Saku “AlphaRead” yang dapat menunjang proses belajar siswa dan membantu guru menciptakan metode pengajaran yang lebih menarik dan inovatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru SD Labschool FKIP Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui angket kuesioner yang diberikan kepada guru. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan dideskripsikan sesuai teori yang sudah ada. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality audio dapat membuat siswa lebih semangat dan tertarik dalam belajar, karena adanya gambar 3D yang disajikan sangat menarik dan audio dalam media tersebut terdengar sangat jelas.

Published
2024-02-23
How to Cite
HUTAMA, Fajar Surya et al. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Audio dalam Bentuk Buku Saku “Alpharead” Terhadap Kemudahan Mengajar Guru di SD Labschool Universitas Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 9-17, feb. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/48640>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i1.48640.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.