ETNOPEDAGOGIK SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN DASAR

  • Rizki Putri Wardani Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember
  • Annur Rofiq Universitas Jember

Abstract

Etnopedagogik merupakan salah satu pendekatan yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Pendekatan yang mengedepankan dalam nilai budaya kearifan lokal pada pembelejaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji etnopedagogik dalam pendidikan dasar dari konsep, pembelajarannya di pendidikan dasar, dan penguatan nilai etnopedagogik. Penelitian ini menggunakan jenis studi literatur. Hasil studi literatur yang didapatkan bahwa konsep etnopedagogik merupakan praktik pembelajaran bebasis budaya secara holistik. Pengimplementasian etnopedagogik dalam pendidikan dasar bisa dintegrasikan dalam pembelajaran mata pelajaran di kelas seperti pembelajaran IPA, IPS, maupun bahasa dan seni. Namun tidak dipungkiri bisa diimplementasikan materi lainnya di pendidikan dasar. Adapun beberapa penguatan nilai kearfian lokal yang bisa diimplementasikan dengan pendekatan etnopedagogik seperti pendekatan multicultural, pelatihan guru, dan integrasi dalam kurikulum. Untuk kedepannya bahwa konsep pendekatan etnopedagogik dalam pendidikan dasar bisa dikaji lebih detail mengenai pengimplementasiannya hingga hambatannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-06
How to Cite
WARDANI, Rizki Putri; FITRIYAH, Chumi Zahroul; ROFIQ, Annur. ETNOPEDAGOGIK SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN DASAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 183-190, apr. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/47076>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.47076.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>