Pengaruh Penerapan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas II di SDN Wonosari 01 Jember
Abstract
Jenis penelian ini adalah menggunakan pola eksperimental semu (quasi experimental design) dengan pola penelitian non-equivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan realistic mathematics education dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa materi perkalian bilangan cacah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Wonosari 01 Jember. Penarikan sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas II A dengan jumlah 15 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas II B sebanyak 15 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif yang menggunakan uji statistik independent samples t-test. Hasil perhitungan menunjukkan rata-rata nilai posttest dikelas ekeperimen lebih besar dari rata-rata nilai posttest dikelas kontrol. Yaitu dikelas ekperimen sebesar 85,62. Sedangkan di kelas kontrol sebesar 78,75. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 2,048 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan penerapan realistic mathematics education terhadap hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa kelas ii di SDN wonosari 01 Jember