PELAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA DI SDN KARANGREJO 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model project based learning (PjBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karangrejo 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Karangrejo 01 dengan jumlah 29 siswa. Penelitian dimulai dari bulan Agustus-Oktober 2018. Metode pengumpulan data terdiri dari obsevasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I, aktivitas belajar siswa sebesar 52,8%, hasil belajar afektif sebesar 58,6%, kognitif sebesar 74,5% dan psikomotor sebesar 50,2%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa sebesar 71,2%, hasil belajar afektif sebesar 59,7%, kognitif sebesar 75,5% dan psikomotor sebesar 76%. Pada siklus III aktivitas belajar siswa sebesar 72,4%, hasil belajar afektif sebesar 66,6%, kognitif sebesar 88,7% dan psikomotor sebesar 77,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karangrejo 01 Jember.