Penguatan Nilai Pertanian Industrial pada Siswa Sekolah Vokasi di Kabupaten Jember

  • Pusa Iri Program Studi Sosiologi, FISIP, Universitas Jember, Jember 68121, Indonesia

Abstract

This study focuses on an issue on the efforts to strengthen industrial agricultural values developed by one of the vocational schools in Jember Regency, namely SMKN 5 Jember. SMKN 5 Jember is a vocational school that has a learning focus in the development of agricultural education. This means that through the learning discourse, indirectly this school also takes part in cultivating human resources in the agricultural sector in Jember Regency for the future. Therefore, this study aims to see, analyze, and describe the agricultural education-based learning practices, along with their effects on students' knowledge of the agricultural sector as a logical consequence of strengthening agricultural values in this school. This research is a qualitative research with a phenomenological approach, and the data collection methods used were observation, interviews and documentation. The results of this study showed that an effort to strengthen the value of agriculture to students was not an easy matter, especially considering the declining interest of young people in the agricultural sector. Therefore, SMKN 5 Jember implements various strategies such as working with many IDUKA to open up a wide job opportunity for students, a curriculum that is integrated with industrial needs, and an industrial agricultural system that utilizes technological intelligence to attract students' interest in the agricultural sector..
Keywords: : value strengthening, educational institutions, industrial agriculture


Penelitian ini memfokuskan pada isu mengenai upaya dalam penguatan nila-nilai pertanian industrial yang dikembangkan oleh salah satu sekolah vokasi di Kabupaten Jember, yakni SMKN 5 Jember. Dimana SMKN 5 Jember merupakan sekolah kejuruan yang memiliki fokus pembelajaran dalam pengembangan pendidikan pertanian. Artinya melalui diskursus pembelajaran tersebut, secara tidak langsung sekolah ini juga turut ambil bagian dalam mencetak sumber daya manusia sektor pertanian di Kabupaten Jember kedepannya. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat, menganalisis, serta mendeskripsikan praktik pembelajaran berbasis pendidikan pertanian tersebut, beserta pengaruhnya pada pengetahuan siswa mengenai sektor pertanian sebagai konsekuensi logis dari penguatan nilai pertanian di sekolah ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, serta metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bagaimana dalam upaya penguatan nilai pertanian kepada para siswa bukanlah perihal yang mudah, terlebih melihat minat anak muda pada sektor pertanian yang semakin menurun. Oleh karena itu, SMKN 5 Jember memberlakukan berbagai strategi seperti bekerja sama dengan banyak IDUKA sehingga membuka ruang lapangan pekerjaan yang luas bagi siswa, kurikulum yang diintegrasikan dengan kebutuhan industri, hingga sistem pertanian industrial yang memanfaatkan kecerdasan teknologi guna menarik minat siswa pada sektor pertanian.
Kata kunci: penguatan nilai, lembaga pendidikan, pertanian industrial

References

Abdillah, R. (2015). KINERJA PEMANFAATAN MEKANISASI PERTANIAN DAN IMPLIKASINYA DALAM UPAYA PERCEPATAN PRODUKSI PANGAN DI INDONESIA. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 34 No. 2, 163.

Budi, T. S. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Pertanian Ke Non pertanian di Kabupaten Sragen Tahun 1990-2009. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Freire, P. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.

Giddens, A. (2015). Teori Strukturasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hendartyo, M. (2021, 03 23). Bappenas Perkirakan di 2063 Tidak Ada yang Jadi Petani. Diambil kembali dari TEMPO.CO:
https://bisnis.tempo.co/read/1445142/bappenas-perkirakan-di-2063-tidak-adayang-jadi-petani

Jember, P. (2019, 07 25). Bupati Jelaskan Ada Transformasi Ekonomi di Jember. Dipetik 10 05, 2021, dari Pemerintah Kabupaten Jember: https://www.jemberkab.go.id/bupati-jelaskan-ada-transformasi-ekonomi-dijember/

Marcuse, H. (2000). Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Marcuse, H. (2016). Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Pramudya, W. (2001). Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia . VERITA : Jurnal Teologi dan Pelayanan, 259-270.

Supriadi. (2017). TEORI STRUKTURASI ANTHONY GIDDENS. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 52.

Suratha, I. K. (2015). KRISIS PETANI BERDAMPAK PADA KETAHANAN PANGAN DI INDONESIA. Media Komunikasi Geografi, 71.

Zainuddin. (2008). Reformasi Pendidikan, Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-01-30
How to Cite
IRI, Pusa. Penguatan Nilai Pertanian Industrial pada Siswa Sekolah Vokasi di Kabupaten Jember. Jurnal ENTITAS SOSIOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 19-41, jan. 2022. ISSN 2721-3323. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JES/article/view/27664>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jes.v11i1.27664.