MAILING ADDRES

Jurnal Entitas Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
Email: Entitas@unej.ac.id
URL: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JES/index
Jl. Kalimantan 37 Kampus Tegalboto Jember 68121 Telp. 62 331 334293 Fax. 62 331 330225

FOCUS AND SCOPE

Jurnal Entitas Sosiologi (JES) merupakan ruang bagi diseminasi gagasan dalam lingkup kajian Sosiologi. Jurnal ini juga memberi ruang pada berbagai perspektif dalam sosiologi khususnya dalam mengembangkan ide-ide yang dapat mendorong transformasi masyarakat menuju masyarakat yang manju dan berkelanjutan. Jurnal Entitas Sosiologi (JES) menerima artikel berupa hasil riset, kajian, dan review buku yang mendukung penyebaran gagasan dan pengkayaan  pengetahuan berbasis sosiologi.

REVIEW PROCESS

Pertama, artikel yang dikirim ke jurnal ini akan dievaluasi melalui proses peminjauan Awal oleh Tim Editorial. Artikel tersebut dapat ditolak jika tidak memenuhi ruang lingkup jurnal. Selanjutnya, artikel tersebut akan diperiksa untuk setiap indikasi plagiarisme. Kemudian, artikel akan dikirim ke setidaknya 2 Reviewer atau Peer-Reviewer (Mitra bebestari) dan akan manuju ke seleksi berikutnya dengan Proses Review. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada Penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu antara 6 minggu untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra-Peninjau (Mitra Bebestari) akan dinilai dari asspek substansial dan teknik. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh editor sesuai dengan komentar Reviewe. Peer-Reviewer (Mitra Bebestari) yang berkolaborasi dengan Jurnal Entitas Sosiologi adalah para ahli Sosiologi.

PUBLICATION FREQUENCY

Jurnal Entitas Sosiologi menerbitkan 2 edisi dalam 1 volume per tahun. Pertama kali diterbitkan, volume 1 edisi 1, pada Februari 2012 dan tersedia secara elektronik sejak 2018.

COPYRIGHT NOTICE

Copyright and Attribution

Creative Commons License
Jurnal Entitas Sosiologi Published by Laboratorium Sosiologi FISIP Universitas Jember
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak cipta untuk artikel ini kemudian ditransfer ke Jurnal Entitas Sosiologi jika artikel tersebut diterima untuk publikasi. Oleh karena itu Jurnal Entitas Sosiologi memiliki hak non-eksklusif untuk mereproduksi, mencetak ulang, menerjemahkan, menyediakan artikel dalam semua bentuk publikasi seperti foto, mikrofilm dan kegiatan reproduksi serupa lainnya.

Permission

Penulis masih memiliki hak untuk menggandakan, mengunduh dan mendistribusikan materi yang dipublikasikan selama penulis dan sumbernya dikutip. Setiap pelanggaran yang ditemukan di masa depan dari setiap hak cipta datang pemberitahuan, maka penulis akan bertanggung jawab untuk mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

SCREENING FOR PLAGIARISM

Penulis harus memastikan bahwa karya tulis sepenuhnya asli dan jika penulis menggunakan karya dan / atau kalimat orang lain maka harus menggunakan kutipan atau dikutip dengan benar. Makalah yang diserahkan ke Jurnal Entitas Sosiologi  akan disaring dan diperiksa untuk plagiarisme dengan menggunakan alat pendeteksi plagiarisme, tetapi penulis harus memeriksanya sebelum disublimasikan. Alat plagiarisme yang direkomendasikan adalah Turnitin.

Turnitin