Authors For Guidelines

Petunjuk Penulisan Jurnal Entitas Sosiologi

  1. Tulisan yang diterima merupakan tulisan yang orisinal, baik hasil kajian empirik maupun kajian pustaka dan tidak pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk dipublikasikan di jurnal lain.
  2. Panjang tulisan tidak lebih dari 7000 kata (sekitar 45.500 karakter dengan spasi 1,5), tidak termasuk bibliografi dan catatan kaki. Jumlah keseluruhan dalam satu artikel, termasuk gambar, ilustrasi dan tabel, tidak lebih dari 25 halaman. Tulisan diketik dalam format MS Word Font Times New Roman (12 pt) menggunakan kertas A4.
  3. Artikel dapat berbahasa Inggris dan juga berbahasa Indonesia, sedangkan judul dan abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak berkisar antara 150-200 kata (sekitar 1.100- 1.450 karakter dengan spasi 1) dan hanya terdiri dari satu paragraf yang menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan secara utuh yaitu terdapat latar belakang singkat, perspektif atau teori yang dipergunakan, metodologi dan hasil penelitian. Sertakan pula 3-5 kata kunci (keywords).
  4. Struktur tulisan terdiri dari pendahuluan/pengantar, pembahasan dan kesimpulan/penutup.
  5. Tidak disarankan menggunakan footnote, jika dibutuhkan sebaiknya menggunakan endnote.
  6. Referensi/daftar pustaka menggunakan format ASA (American Sociological Associations) dan ditulis dengan aplikasi mendeley.
  7. Batasan score pengecekan plagiasi berdasarkan aplikasi turnitin sebesar 30%.
  8. Pengecekan Bahasa Inggris disarankan menggunakan aplikasi grammarly.com.
  9. Kirim tulisan dalam bentuk file elektronik di OJS https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JES/login.
  10. Artikel yang telah diterima oleh redaksi dan setelah ditelaah, akan dikategorikan dalam;
  11. Diterima tanpa revisi
  12. Diterima dengan revisi oleh editor
  13. Diterima dengan revisi oleh penulis
  14. Tidak diterima
  15. Dengan mempublikasikan melalui jurnal ini, penulis menyerahkan hak mengkopi (copyright) artikel secara utuh kepada redaksi Jurnal Entitas Sosiologi, termasuk hak menerbitkan ulang dalam bentuk media yang lain.
  16. Penulis yang naskahnya diterima wajib menyertakan surat keterangan  bahwa naskah adalah asli dan tidak ada konflik kepentingan antar penulis pada naskah tersebut.
  17. Semua pertanyaan dan saran silahkan dikirimkan ke alamat jurnal entitas sosiologi entitas@unej.ac.id Redaksi Jurnal Entitas Sosiologi Jl. Kalimantan 37 Kampus Tegal Boto Universitas Jember 68131 Telp.+62(331)335586, Fax .+62(331)335586.