Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Sistem Pengukuran Kinerja, dan Penerapan Teknik Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada PT. Telkom Kandatel Jember)

  • Dwi Hidayati Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Abstract

This study aims to test the Influence of Situational Leadership, Performance Measurement System, and Application Techniques of Total Quality Management"and perform empirical studies on PT. Telkom Kandatel Jember. Population andsamples in this study were middle managers, assistant managers and officers in PT.Telkom Kandatel Jember some 113 people. The analytical method used is multiple linear regression analysis. After analyzing the data, some conclusions can be drawn: a). Results of the study received that leadership is situational influence on managerial performance of PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember. Influential situational leadership on managerial performance of PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember indicate that situational leadership in the form adopted by the leaders of PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember has been able to improve the performance of managerial PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember. b). Systems affect the performance of managerial PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember. Influential performance measurement systems on managerial performance of PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember indicate that the majority of managers has made efforts to improve quality, service process integration, to make efforts aimed at reducing the cost of service due to the interference re convenience, in order to satisfy customers, c). The application of TQM techniques affect the managerial performance of PT. Telkom, Tbk Kandatel Jember.


Keywords:      Situasional Leadership, Systems Affect the Performance, Total Quality Management, Performance

References

Anthony, R., dan V. Govindarajan. 2005. Sistem Pengendalian Manajemen Jakarta: Salemba Empat.
Astuti, S. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Tentang Gaya Kepemimpinan Situasional) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah.
Dessler, G. 1997. Manajemen sumber daya manusia.
Fajri, F. L. 2008. PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN (REWARD) TERHADAP HUBUNGAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi).
Halim, A., A. T. an Muh, dan F. Husein. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen (Edisi Revisi). Yogyakarta. UPP STIM YKPN.
Hasibuan, M. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan keenam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey, P., dan K. H. Blanchard. 1995. Behavioral theories of leadership. The leader’s companion: Insights on leadership through the ages:144-148.
Kristiyanto, A., dan N. P. B. Santoso. 2011. Penelitian Pengajaran: Prinsip Dasar Metodologi PTK dalam Penjas & Kepelatihan Olahraga: Surakarta: UNS–Press.
Kuncoro, M. 2001. Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.
Kurnianingsih, R., dan N. Indriantoro. 2001. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research 4 (1).
Mulyadi, dan J. Setyawan. 2000. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Cetakan ke dua. Yogyakarta: Aditya Media.
Narsa, I. M., dan R. D. Yuniawati. 2004. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Pt. Telkom Divre V Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 5 (1):18-34.
Nasri, M. 2017. Pengaruh Penerapan Strategi Keunggulan Bersaing, Total Quality Management, Cost of Quality, dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Sensus Pada Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9000 di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Akuntansi dan Bisnis 6 (1).
Nasution, M. N. 2001. Manajemen mutu terpadu (total quality management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Notoatmodjo, S. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.
Pawitra, T. 1993. Manajemen di Indonesia: beberapa isu kontemporer: Lembaga Penerbit, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Ridwan, H. 2007. Hukum Administrasi Negara, Rajawalipers, Jakarta, 2011. Ronny Hanitijo Soemitro, Metodologi Penelitian Hukum, Ghalia, Jakarta. R. Abdoel Djamali, Pengantar Hukum Indonesia, Rajawali Pers, Jakarta.
Setyani, M. 2015. PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA, SISTEM PENGHARGAAN, DAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL.
Suharsimi, A. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F., dan D. Anastasia. 2001. Total Quality Management, Yogyakarta: Andi. Paper read at Wahid, Fathul (2004). Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Peluang dan Tantangan. Makalah yang dipresentasikan pada Seminar Nasional: Aplikasi Teknologi Informasi dan Penyehatan Perguruan Tinggi di Yogyakarta.
Published
2017-05-05
How to Cite
HIDAYATI, Dwi. Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Sistem Pengukuran Kinerja, dan Penerapan Teknik Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada PT. Telkom Kandatel Jember). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 66-78, may 2017. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/17374>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jeam.v16i1.17374.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.