NILAI KARAKTER SOSIAL TRADISI KEBOAN BANYUWANGI DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Zetti Finali Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember
  • Lilis Lilis Universitas Jember
  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember

Abstract

Tradisi “Keboan” merupakan tradisi yang dimiliki suku Osing di Banyuwangi. Tradisi Kebo-keboan mengandung beberapa nilai karakter, salah satunya yaitu nilai karakter sosial Nilai-nilai sosial seringkali menjadi dasar masyarakat untuk melakukan tindakan dalam hidup bermasyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui nilai sosial yang ada di tradisi kebo-keboan berbasis audio visual serta pemanfaatannya sebagai media pembelajaran kelas V di SDN 2 Benelan Kidul Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Metode wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tradisi Keboan berbasis audio visual mengandung nilai karakter sosial yang dapat diintegrasikan kepada murid di kelas V SD diantaranya; (1) nilai gotong royong, (2) nilai kerja sama, (3) nilai kebersamaan, dan (4) nilai kepedulian sosial serta dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, Tradisi Keboan berbasis audio visual mengandung nilai karakter sosial yang dapat diintegrasikan pada siswa sekolah dasar serta dapat dijadikan media pembelajaran siswa dikelas V SD. Media pembelajaran Tradisi Kebo-keboan berbasis audio visual dapat memberikan manfaat dalam proses belajar mengajar di kelas V SDN 2 Benelan Kidul Banyuwangi yiatu (1) siswa cenderung lebih konsentrasi; (2) meningkatan motivasi belajar siswa dan membuat siswa semangat serta aktif dalam sebuah proses belajar; dan (3) pemanfaatan media juga mempengaruhi kehidupan sosial dalam menumbuhkan sikap sosial yang positif bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
FINALI, Zetti et al. NILAI KARAKTER SOSIAL TRADISI KEBOAN BANYUWANGI DAN PEMANFAATANNYA UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 69-76, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46904>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46904.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)