Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan untuk Peserta Didik Kelas V SDN Sumbersari 03 Jember
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan serta validitas, efektivitas, dan kepraktisan media pembelajaran berbasis komik digital dalam materi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan peserta didik kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall tahap satu sampai delapan dari sepuluh tahapan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, pengisian angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang mencakup analisis deskriptif kualitatif (analisis data wawancara, observasi kelas, serta ulasan dan saran dari validator media pembelajaran) dan deskriptif kuantitatif (analisis skor angket dari validator, skor post test peserta didik untuk menguji efektivitas, dan angket kepraktisan media pembelajaran). Hasil validasi ahli media terhadap komik digital menunjukkan skor 83,8 dalam kategori sangat layak, uji efektifitas menunjukkan 42,6% dalam kategori keefektifan sedang dan uji kepraktisan menunjukkan 84,4% dalam kategori sangat praktis. Media komik digital ini valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil analisis data.