Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ella Skin Care di Cabang Gentan

  • Leedi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ari Susanti STIE Surakarta

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze customer experience, brand awareness and customer satisfaction with ella skin care loyalty at the gentan branch. The population in this study is customer ella skin care. The sample in this study was 100 people with data collection techniques using questionnaires. Hypothesis testing using multiple linear regression analysis then the data is processed with SPSS 20 program. The results of this study indicate that customer experience does not have a significant effect on loyalty. Brand awareness and customer satisfaction have a significant effect on customer loyalty.


Keywords:  Customer Experience, Brand Awareness, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

References

Andjarwati, A. L., dan E. Chusniartiningsih. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi 5 (2): 189.
Armayanti, A. S. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan di Klinik Kecantikan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Proceeding of Management 6 (1): 131–138.
Baisyir, F. 2021. Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Kepercayaan Merek Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. Jurnal Apresiasi Ekonomi 9 (2): 191–201.
Chusniartiningsih, E., dan A. L. Andjarwati. 2019. Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan Merek sebagai Variabel Intervening. Jurnal Imu Manajemen 7 (1): 85–95.
dr. Gabriella Florencia. 2022. Jerawat Muncul Berulang di Dagu, Ini Sebabnya. halodoc.com.
Gusmita, R. B. 2021. Penfaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Keterlibatan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 4 (1): 1–2.
Investor Daily. 2018. Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. kemenperin.go.id.
Kelvin, dan M. Adiwijaya. 2018. Pengaruh Kualitas, Harga, Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Leko. Jurnal Agora 6 (1): 1–10.
Kristanto, dan M. Adiwijaya. 2018. Pengaruh Kualitas, Harga, Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Leko. Jurnal Agora 6 (1): 1–10.
Lestari, N. F. 2017. Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (2004): 6–25.
Nurhidayati, dan K. Yuliantari. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta II (1): 69–75.
Pangestika, E. L., dan R. Hidayati. 2020a. Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Konsumen Produk Pasta Gigi Pepsodent Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro , Semarang ). Diponegoro Journal Of Management 9 (1999): 1–14.
Sinta, N. N. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Ella Skincare Cabang Gentan.
Wardhana, E. 2019. Pengaruh Nilai Utilitarian,Nilai Hedonis, Pengalaman Pelanggan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi dan Industri 20 (2).
Yola, E., dan L. Utama. 2021a. Pengaruh Kesadaran Merek, Nilai Produk Dan Keunikan Merek Terhadap Loyalitas Merek Uniqlo Di Batam. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 3 (2): 353.
Published
2022-04-28
How to Cite
SETIAWATI, Leedi; SUSANTI, Ari. Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ella Skin Care di Cabang Gentan. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 49-59, apr. 2022. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/30311>. Date accessed: 26 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jeam.v21i1.30311.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.