Optimalisasi Tata Kelola Desa Wisata di Kabupaten Malang
Abstract
Pengelolaan pariwisata di Kabupaten Malang, menemui sejumlah tantangan dalam meningkatkan kategori desa wisata. Meskipun memiliki potensi alam, budaya, dan buatan yang kaya, beberapa desa wisata masih mengalami rendahnya kunjungan wisatawan, minimnya fasilitas pariwisata, dan kurangnya keterampilan SDM pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tata kelola yang efektif dalam meningkatkan kategori desa wisata di Kabupaten Malang. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mempertimbangkan aspek kebijakan, struktur organisasi, proses pengambilan keputusan, dan mekanisme pengawasan dalam tata kelola pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kategori desa wisata, diperlukan langkah-langkah seperti pengembangan kapasitas SDM melalui pelatihan, peningkatan infrastruktur pariwisata, inovasi produk pariwisata, dan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Pentingnya penguatan regulasi pariwisata di tingkat desa serta penerapan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan juga ditekankan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.