Optimalisasi Tata Kelola Desa Wisata di Kabupaten Malang

  • Tri Joko Setyanto Sekolah Tingi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Dwiyono Rudi Susanto
  • Jussac Maulana Masjhoer

Abstract

Pengelolaan pariwisata di Kabupaten Malang, menemui sejumlah tantangan dalam meningkatkan kategori desa wisata. Meskipun memiliki potensi alam, budaya, dan buatan yang kaya, beberapa desa wisata masih mengalami rendahnya kunjungan wisatawan, minimnya fasilitas pariwisata, dan kurangnya keterampilan SDM pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tata kelola yang efektif dalam meningkatkan kategori desa wisata di Kabupaten Malang. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mempertimbangkan aspek kebijakan, struktur organisasi, proses pengambilan keputusan, dan mekanisme pengawasan dalam tata kelola pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kategori desa wisata, diperlukan langkah-langkah seperti pengembangan kapasitas SDM melalui pelatihan, peningkatan infrastruktur pariwisata, inovasi produk pariwisata, dan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Pentingnya penguatan regulasi pariwisata di tingkat desa serta penerapan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan juga ditekankan.

Published
2024-06-16
How to Cite
SETYANTO, Tri Joko; SUSANTO, Dwiyono Rudi; MASJHOER, Jussac Maulana. Optimalisasi Tata Kelola Desa Wisata di Kabupaten Malang. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 166-175, june 2024. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/47801>. Date accessed: 17 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v8i2.47801.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.