Adaptasi Kebijakan Pengelolaan Wisata untuk Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan di Pantai Dato

  • Muhammad Syahid Sirih Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Hasyim Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Amirul Ahsan Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

Abstract

Pariwisata di Pantai Dato Kabupaten Majene berpotensi untuk dikembangkan menjadi sektor unggulan daerah. Namun, pengembangan pariwisata perlu memperhatikan keberlanjutan agar memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis adaptasi kebijakan pengelolaan wisata di Pantai Dato dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan menggunakan kerangka AGIL. Penelitian kualitatif ini menemukan bahwa secara umum kebijakan pengelolaan wisata di Pantai Dato telah berorientasi pada konsep pariwisata berkelanjutan. Namun, pada tataran implementasi teknis masih terdapat kesenjangan dengan prinsip berkelanjutan terutama terkait regulasi teknis dan sosialisasi. Diperlukan adaptasi kebijakan melalui penguatan regulasi, koordinasi lintas sektor, sosialisasi, dan pemantauan rutin. Rekomendasi kebijakan disusun agar pengembangan pariwisata di Pantai Dato dapat optimal dalam memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan pelestarian lingkungan. Dengan adaptasi kebijakan yang tepat, diharapkan pariwisata Pantai Dato dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Published
2024-01-18
How to Cite
SIRIH, Muhammad Syahid et al. Adaptasi Kebijakan Pengelolaan Wisata untuk Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan di Pantai Dato. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 21-27, jan. 2024. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/44187>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v8i1.44187.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.