Desa Wisata Brayut sebagai Ruang Interaksi Sosial Wisatawan Asing dan Masyarakat Lokal

Abstract

Penelitian ini mengkaji perilaku wisatawan asing dalam aktivitas berwisata di Desa Wisata Brayut ditinjau dari perspektif masyarakat lokal. Perilaku wisatawan yang disorot dalam penelitian ini adalah proses interaksi wisatawan asing dengan masyarakat lokal Desa Wisata Brayut (unsur manusia) dan interaksi wisatawan asing dengan unsur nonmanusia, seperti alam, adat istiadat, nilai, dan norma yang dijunjung tinggi oleh masyarakat lokal. Lokus penelitian ini adalah di Desa Wisata Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ketua pengelola Desa Wisata Brayut dan masyarakat lokal. Data diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Melalui teknik analisis model Creswell, hasil penelitian ini diklasifikasikan ke dalam empat tema, antara lain (1) karakteristik wisatawan asing, (2) interaksi wisatawan asing dan masyarakat lokal Desa Wisata Brayut, (3) interaksi wisatawan asing dengan unsur non-manusia di Desa Wisata Brayut, serta (4) upaya masyarakat lokal mendidik wisatawan asing. 

Author Biographies

Irawati Anindya Putri, Universitas Gadjah Mada

Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada

 

Meliana Sari, Universitas Gadjah Mada

Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada

 

Aprilia Dwi Cahyani, Universitas Gadjah Mada

Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada

 

Published
2024-01-18
How to Cite
PUTRI, Irawati Anindya; SARI, Meliana; CAHYANI, Aprilia Dwi. Desa Wisata Brayut sebagai Ruang Interaksi Sosial Wisatawan Asing dan Masyarakat Lokal. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 28-39, jan. 2024. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/44091>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v8i1.44091.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.