Pariwisata berbasis Masyarakat (Community based Tourism) dalam Pengelolaan Desa Wisata

(Studi Kasus Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul)

  • Sebening Andjar Asmara Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret
  • Dwiningtyas Padmaningrum Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret
  • Sugihardjo Sugihardjo Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret

Abstract

Desa Bleberan merupakan sebuah desa wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Desa Bleberan dengan mengusung konsep pariwisata berbasis masyaraka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pariwisata dengan basis partisipasi masyarakat di Desa Bleberan serta dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di Desa Bleberan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Metode pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat di Desa Bleberan sudah berjalan cukup baik dengan berpedoman pada aspek pengelolaan pariwisata, prinsip pengembangan pariwisata, dan upaya promosi yang dilakukan. Namun masih terdapat banyak kekurangan, yaitu pada sarana dan prasarana serta fasilitas seperti plang penunjuk jalan yang rusak, belum adanya penyewaan kendaraan untuk wisatawan. Desa Wisata Bleberan juga belum bekerja sama dengan agen perjalanan, serta pengrajin souvenir banyak yang belum berproduksi kembali. Upaya promosi belum digencarkan kembali.


Kata Kunci: Community Based Tourism, Pariwisata, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan.

Published
2024-01-18
How to Cite
ASMARA, Sebening Andjar; PADMANINGRUM, Dwiningtyas; SUGIHARDJO, Sugihardjo. Pariwisata berbasis Masyarakat (Community based Tourism) dalam Pengelolaan Desa Wisata. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 16-20, jan. 2024. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/42980>. Date accessed: 23 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v8i1.42980.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.