Ekowisata Telaga Jonge Pacarejo Gunungkidul

  • Annisa Desy Nur Romadhoni Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Aditha Agung Prakoso Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

Abstract

Telaga Jonge merupakan salah satu dari tiga daya tarik utama Desa Wisata Pacarejo selain Gua Jomblang dan Susur Goa Kalisuci, ketiga destinasi ini telah dapat memberikan manfaat pada masyarakat Pacarejo, akan tetapi hanya Kalisuci yang dapat memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes). Di lain sisi dengan keberadaan Gua Jomblang dan Susur Goa Kalisuci sebagai daya tarik ekowisata, Telaga Jonge dapat menjadi daya tarik komplementer yang dapat semakin memperkuat posisi pengembangan ekowisata di Desa Wisata Pacarejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ekowisata di Telaga Jonge, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis pendekatan ekowisata. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengembangan ekowisata Telaga Jonge dalam memperkuat penerapan ekowisata di Desa Wisata Pacarejo.
Kata kunci: Ekowisata; Telaga Jonge; Strategi Pengembangan

Published
2023-08-24
How to Cite
ROMADHONI, Annisa Desy Nur; PRAKOSO, Aditha Agung. Ekowisata Telaga Jonge Pacarejo Gunungkidul. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 55-66, aug. 2023. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/40980>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v7i2.40980.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.