Potensi Art Gallery Sebagai Wisata Edukasi dan Sarana Terapi Mental Disorder

  • Dena Putri Wardani
  • Pretty Zinta Sinurat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hana Murtiningsih
  • Salsabila Hidayat
  • Syahda Siti Syahiffah
  • Rama Wijaya Abdul Rozak
  • Erry Sukriah

Abstract

Indonesia memiliki banyak kasus mental disorder, tetapi dari sekian banyak kasus tersebut, hanya beberapa saja yang memilih untuk melakukan konsultasi ke psikolog. Dengan melihat banyaknya art gallery yang terdapat di Bandung, peneliti ingin melihat potensi art gallery dalamĀ  mengatasi mental disorder serta melihat potensinya sebagai wisata edukasi yang berperan dalam peningkatan khazanah pengetahuan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Ditemukan bahwa beberapa pengunjung art gallery memiliki gejala mental disorder dan menjadikan art gallery sebagai sarana untuk mengekspresikan diri mereka, serta menjadi sarana terapi dalam mengatasi gejala mental disorder tanpa harus mengunjungi psikolog. Art gallery terbukti dapat memberikan ketenangan kepada pengunjung dan menjadi sarana untuk menyalurkan emosi pengunjung saat mengunjungi art gallery. Kemampuan dalam mengekspresikan diri dapat membuat individu menjadi lebih tenang sehingga dapat mengurangi gejala depresi. Peran art gallery sebagai wisata edukasi terbukti memberikan pengetahuan mengenai seni kepada pengunjung, selain itu art gallery juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengekspresikan dan menciptakan karya seninya sendiri.

Published
2023-08-24
How to Cite
WARDANI, Dena Putri et al. Potensi Art Gallery Sebagai Wisata Edukasi dan Sarana Terapi Mental Disorder. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 67-71, aug. 2023. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/38687>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v7i2.38687.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.