Urgensi Penyelamatan Danau Prioritas di Indonesia: Studi Kasus Upaya dan Komitmen Penyelamatan Lingkungan Hidup Danau Toba

  • Karmel Hebron Simatupang Universitas Pelita Harapan
  • Adri Arlan Department of International Relations, Pelita Harapan University
  • Avirell Felicia Department of International Relations, Pelita Harapan University

Abstract

Sejak Konferensi Nasional Danau Indonesia I, Tahun 2009 di Bali, pemerintah melalui 9 Kementerian telah menandatangani kesepakatan Bali tentang pengelolaan Danau Berkelanjutan 15 Danau Prioritas di Indonesia. Kemudian disusun rencana penyelamatan. Akan tetapi, sampai kini upaya penyelamatan lingkungan hidup danau-danau di Indonesia tergolong sangat lambat implementasinya di lapangan. Pada penelitian ini, penulis fokus menganalisis bagaimana upaya penyelamatan lingkungan hidup di Danau Toba sebagai salah satu danau prioritas nasional. Seiring telah diterbitkan nya Peraturan Presiden RI No.60 Tahun 2021, tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, komitmen pemerintah dinantikan masyarakat luas. Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata superprioritas nasional dan internasional menjadi semakin urgen diselamatkan di tengah kondisinya yang belum berubah dan bahkan semakin rusak. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan, bahwa pemerintah belum berkomitmen sepenuhnya dalam penyelamatan Danau Toba, itu ditandai dengan masih enggannya pemerintah mencabut izin-izin perusahaan yang selama ini telah terbukti merusak ekosistem Danau Toba.

Published
2022-12-12
How to Cite
SIMATUPANG, Karmel Hebron; ARLAN, Adri; FELICIA, Avirell. Urgensi Penyelamatan Danau Prioritas di Indonesia: Studi Kasus Upaya dan Komitmen Penyelamatan Lingkungan Hidup Danau Toba. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 216-223, dec. 2022. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/34993>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v6i3.34993.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.