Pengembangan UMKM Desa Kertarahayu Melalui Lokakarya Pengembangan Desain Kemasan

Pengembangan UMKM, desain kemasan, Desa Kertarahayu

  • Andreas Suwandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zulva Nazahatul Huda El Haqy Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Desa Kertarahayu merupakan salah satu desa yang bertempat di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Desa ini merupakan desa wisata yang berada di tengah kota besar seperti Kota Bekasi. Dengan letak geografisnya, desa ini memiliki suatu keunikan karena tidak adanya lahan desa yang dibangun sebagai perumahan. Untuk membantu memajukan perekonomian desa dengan lahan yang strategis, Desa Kertarahayu memiliki UMKM yang dikelola oleh masyarakatnya terutama ibu-ibu PKK. Produk yang dikeluarkan pun beragam. Dalam kegiatan ini dilakukan pembahasan mengenai pemahaman pentingnya kemasan serta cara pengembangannya untuk meningkatkan potensi atau mutu produk UMKM di Desa Kertarahayu. Dijelaskan juga mengenai SDG’S Desa dan hubungannya dengan pengembangan UMKM. Pengadaan kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya kemasan dan dapat meningkatkan kesadaran terhadap daya saing global juga mutu produk UMKM khususnya di Desa Kertarahayu.

Published
2022-12-12
How to Cite
SUWANDI, Andreas; EL HAQY, Zulva Nazahatul Huda. Pengembangan UMKM Desa Kertarahayu Melalui Lokakarya Pengembangan Desain Kemasan. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 175-180, dec. 2022. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/34062>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v6i3.34062.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.