Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Akun Facebook STIPAR Soromandi Bima NTB dalam Meningkatkan Strategi Promosi Perguruan Tinggi

  • Feriyadin Feriyadin Sekolah Tinggi Pariwisata Soromandi Bima

Abstract

STIPAR Soromandi Bima adalah kampus yang masih tergolong baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas sehingga memanfaatkan akun facebook untuk memperkenalkan perguruan tinggi pariwisata, membangun citra (image) perguruan tinggi, dan mempublikasikan informasi kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan facebook sebagai media promosi dan mengidentifikasi strategi promosi yang telah dilakukan dalam memasarkan perguruan tinggi. Sumber data diperoleh melalui metode (1) dokumentasi, dengan cara screenshot historis postingan akun facebook Stipar Soromandi Bima Ntb, (2) dan wawancara mendalam terhadap 25 informan yang berada di lingkup perguruan tinggi yakni; 20 mahasiswa program studi pariwisata, 2 orang admin facebook dan 3 orang tim pengembangan akademik yang ditentukan dengan menggunakan teknik snowball sampling dan teknik purposive sampling


Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) mahasiswa program studi pariwisata memiliki persepsi yang baik dan sikap yang positif terhadap keberadaan akun facebook perguruan tinggi dalam upaya membangun citra kampus (institute image) dan mempublikasi informasi kegiatan akademik perguruan tinggi tersebut. Namun keterbatasan pengetahuan dan informasi dalam membuat konten perlu menjadi perhatian khusus bagi kampus untuk menempatkan sumber daya manusia (human resource) yang kreatif dan kompeten dalam pembuatan konten facebook yang lebih atraktif. 2) strategi promosi terkuat STIPAR Soromandi Bima dalam menarik minat kuliah calon mahasiswa adalah promosi langsung kampus secara konvensional dengan cara; tim civitas akademika (dosen dan staf) melakukan promosi pintu ke pintu rumah (door-to-door), memperkuat informasi mulut ke mulut (word of mouth) dan mengadakan personal selling ke sekolah-sekolah seperti SMA/MA/SMK Negeri dan swasta. Akan tetapi masih ada keterbatasan pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan memberikan informasi dengan baik kepada publik. Sehingga pihak kampus perlu mengadakan pelatihan dan pembinaan khusus bagi dosen dan staf untuk memiliki keterampilan public speaking sebagai upaya dalam mendorong kelancaran penyampaian informasi kepada target pasarnya.

Published
2022-01-04
How to Cite
FERIYADIN, Feriyadin. Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Akun Facebook STIPAR Soromandi Bima NTB dalam Meningkatkan Strategi Promosi Perguruan Tinggi. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 24-38, jan. 2022. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/28789>. Date accessed: 30 june 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v6i1.28789.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.