Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 9 JEMBER)

  • Winda Septianita
  • Wahyu Agus Winarno
  • Alfi Arif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, serta kualitas pelayanan Rail Ticketing System (RTS) pada kepuasan penguna (studi empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember). Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara dalam memperoleh data dan informasi untuk dianalisis. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna (pelanggan) yang melakukan pembelian tiket melalui sistem online RTS di PT. KAI (Persero) Daop 9 Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Kriteria yang digunakan adalah pengguna yang melakukan pembelian tiket secara online atau menggunakan Rail Ticketing System sendiri tanpa melalui perantara seperti indomart dan lain-lain serta data yang digunakan berdasarkan periode atau waktu pelaksanaan penelitian (± 2 bulan). Jumlah sampel dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 80 reponden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan Uji F untuk menguji kelayakan model dan Uji t digunakan untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas informasi berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pengguna, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pengguna.

How to Cite
SEPTIANITA, Winda; WINARNO, Wahyu Agus; ARIF, Alfi. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 9 JEMBER). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 53-56, mar. 2014. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/570>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v1i1.570.
Section
Articles