Penelitian Kualitatif dalam Pembelajaran Lesson Study pada Mata Kuliah Perubahan Iklim Berbasis NVivo

  • Nurul Aini Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi
  • Jules Nurhatmi Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensdeskripsi kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan metode Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) berbasis Nvivo. Metode TBLA memungkinkan analisis mendalam terhadap interaksi dan proses pembelajaran melalui transkrip pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi dengan pendekatan kualitatif menggunakan perangkat lunak NVivo untuk pengkodean data. Visualisasi data seperti word cloud, word tree, dan tree map memudahkan pemahaman pola dan hubungan antar konsep. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan NVivo efektif dalam mengidentifikasi dan mengorganisir tema kunci serta memberikan wawasan yang lebih mendalam terhadap topik penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi studi lanjutan dan pengambilan keputusan yang lebih terinformasi.


 

Author Biographies

Nurul Aini, Universitas Jambi

Pendidikan Fisika

Jules Nurhatmi, Universitas Jambi

Pendidikan Fisika

Published
2024-12-19
How to Cite
AINI, Nurul; SUSANTI, Nova; NURHATMI, Jules. Penelitian Kualitatif dalam Pembelajaran Lesson Study pada Mata Kuliah Perubahan Iklim Berbasis NVivo. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 200-210, dec. 2024. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/53376>. Date accessed: 31 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v13i4.53376.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.