KAJIAN ETNOFISIKA TARI LENGGANG KENCANA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK DAN GAYA
Abstract
Pembelajaran fisika di sekolah sebagian besar berpusat pada materi yang diajarkan dalam buku. Tidak banyak pembelajaran fisika yang benar-benar menjelaskan dan menerapkan realitas budaya di sekitar siswa. Salah satu budaya yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran yakni tari Lenggang Kencana. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep fisika materi gerak dan gaya pada tari Lenggang Kencana dan mengetahui cara penerapannya dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnofisika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Peneliti mengecek keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsep fisika gerak dan gaya pada tari Lenggang Kencana, diantaranya gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak melingkar, gaya gesek, dan hukum I Newton serta tarian ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran fisika berupa praktik secara langsung, video pembelajaran, dan juga dapat diterapkan dalam kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema kearifan lokal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.