STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Ike Lusi Meilina Universitas jember
  • Safitri Riya
  • Mahya Alya Shofia Anggraini

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memperhatikan kemampuan siswa yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi fokus pada pendekatan berbasis keberagaman, yang dapat membantu siswa memenuhi kebutuhan belajarnya berdasarkan berbagai aspek seperti kesiapan siswa, minat dan profil belajar. Tujuan penelitian ini sebagai bukti keefektifan pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran fisika berdasarkan berbagai artikel penelitian terdahulu yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Studi kepustakaan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan studi penelaahan terhadap artikel-artikel penelitian yang relevan pada jurnal ilmiah online. Artikel dikumpulkan dari berbagai jurnal ilmiah yang membahas tentang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fisika. Berdasarkan analisis data dari 20 artikel didapatkan efektifitas dari pembelajaran berdiferensiasi cukup tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran fisika pada sekolah menengah berhasil cukup efektif memberikan dampak baik bagi siswa. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang benar mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika, keterampilan proses sains, memotivasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Published
2024-06-23
How to Cite
MEILINA, Ike Lusi; RIYA, Safitri; ANGGRAINI, Mahya Alya Shofia. STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 73-87, june 2024. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/48419>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v13i2.48419.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.