PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM APPY PIE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan sistem APPY PIE pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Jember yang menarik, efisien, dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap define, design, develope, disseminate. Kelayakan media dinilai melalui tahap validasi yang terdiri dari validasi isi materi, desain media, dan bahasa. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu uji kelompok terbatas pada 12 siswa XI IPS 2 dan uji kelompok lebih luas pada 30 siswa XI IPS 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tingkat daya tarik media, tingkat efisiensi, dan efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan lebih menarik, tingkat daya tarik pada uji kelompok terbatas adalah 89,39% (sangat menarik) dan pada uji kelompok lebih luas adalah 92,60% (sangat menarik). Media yang dikembangkan juga lebih efisien, pada uji kelompok terbatas dan uji kelompok lebih luas diketahui bahwa dengan menggunakan media berbasis android waktu lebih singkat yaitu dari 8 jam pelajaran menjadi 6 jam pelajaran. Media yang dikembangkan juga lebih efektif karena dapat mencapai tujuan pembelajaran, terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada uji kelompok terbatas dari 79,67 meningkat menjadi 86,83, pada uji kelompok lebih luas dari 80,97 meningkat menjadi 87,03. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien, dan lebih efektif dari media sebelumnya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.