Penerapan Model Pembelajaran AIR Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020)

  • Nurmala Tiara Asih Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Mukhammad Zulianto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi dasar jurnal khusus semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember melalui penerapan model pembelajaran AIR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti bekerjasama dengan Guru Kelas sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember sebanyak 26 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Data yang yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan data yang diperoleh oleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I mencapai kategori sedang yaitu sebesar 2,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,9 mencapai kategori tinggi sebesar 3,4. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari nilai tugas individu dan nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus.  Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,7% pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,9 dan ketuntasan klasikal 88,5%. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mukhammad Zulianto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
ASIH, Nurmala Tiara; KANTUN, Sri; ZULIANTO, Mukhammad. Penerapan Model Pembelajaran AIR Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 323-326, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16257>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16257.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>