ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DAN MENGENTRI DATA TRANSAKSI PADA APLIKASI MYOB ACCOUNTING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020)

  • Rinda Sukma Ningrum Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar akuntansi kompetensi dasar menganalisis dan mengentri data transaksi pada aplikasi MYOB Accounting pada siswa kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi yang beberapa kali mendapat nilai dibawah KKM (75) dan informan pendukung yaitu guru komputer akuntansi kelas XI-AKL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa kelas XI-AKL 2 meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya keterampilan siswa, rendahnya kesiapan siswa, dan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran komputer akuntansi. Untuk faktor eksternal meliputi rendahnya dukungan sarana dan prasarana

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
NINGRUM, Rinda Sukma; KARTINI, Titin; KANTUN, Sri. ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DAN MENGENTRI DATA TRANSAKSI PADA APLIKASI MYOB ACCOUNTING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 342-346, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16394>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16394.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>