ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PENYAJIAN REKONSILIASI BANK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember Tahun Ajaran 2018/2019)

  • Lusia Septina Endita Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar penyajian rekonsiliasi bank pada siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 siswa kelas XI AK 2 SMK Al-Qodiri Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penyebab kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor internal yang meliputi dari keterampilan siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas rekonsiliasi bank, ketelitian siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank dan minat siswa terhadap pelajaran Akuntansi, sedangkan faktor eksternal yang meliputi cara guru mengajar dan sarana prasarana di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
ENDITA, Lusia Septina; KARTINI, Titin; KANTUN, Sri. ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PENYAJIAN REKONSILIASI BANK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember Tahun Ajaran 2018/2019). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 366-372, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/12836>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.12836.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>