PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)

  • Arum Setyowati Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,3 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,8 menjadi 3,1 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang di dapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 78,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,2%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-04-01
How to Cite
SETYOWATI, Arum; KANTUN, Sri; KARTINI, Titin. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 238-245, apr. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/12420>. Date accessed: 14 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12420.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>