STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI OBAT TRADISIONAL PADA PT KARYA PAK OLES TOKCER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi saluran distribusi yang diterapkan pada PT Karya Pak Oles Tokcer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dan informan penelitian yaitu kepala cabang Jember, kepala unit Probolinggo, Team Leader (TL), SPG dan penjaga counter. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menentukan strategi saluran distribusi perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya pasar, produk, perantara, dan perusahaan. Sehingga dapat diketahui strategi saluran distribusi intensiflah yang diterapkan oleh PT Karya Pak Oles Tokcer dengan menggunakan saluran distribusi tidak langsung yang terdiri dari satu tingkat perantara yaitu pengecer. Pengecer yang digunakan yaitu Sales Promotion Group (SPG), counter penjualan dan apotik. Pengecer tersebut dipilih perusahaan untuk mendistribusikan produk hingga ke konsumen akhir. Strategi yang digunakan oleh PT Karya Pak Oles Tokcer untuk apotik yaitu dengan memberikan potongan harga sebesar 20%, sehingga produk yang terjual kepada konsumen akhir sama
Kata Kunci: Strategi Saluran Distribusi
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.