PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2019 UNIVERSITAS JEMBER)

  • Anis Afifah Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Mukhamad Zulianto Universitas Jember

Abstract

Penelitian dilakukan guna melihat pengaruh celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember. Penelitian adalah jenis kuantitatif. Metode penetapan lokasi penelitian memakai purposive area yakni Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember. Responden penelitian yakni 98 responden. Metode pengumpulan data: kuesioner dan wawancara. Uji instrumen data memakai validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data: editing, skoring, dan tabulasi. Untuk uji asumsi klasik memakai uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Analisis data memakai analisis inferensial yakni memakai regresi linier berganda,  varian garis regresi, uji F, uji t, koefisien determinasi berganda, efektifitas garis regresi berganda dan standart error of estimate regresi linear berganda. Membuktikan yaitu simultan celebrity endorser dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember yaitu Fhitung = 275,767 > Ftabel = 3,092 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yakni senilai 0,924 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Besarnya persentase celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember sebesar 85,3%. Variabel yang dominan yakni celebrity endorser sebesar 57,11%, sedangkan variabel citra merek berpengaruh sebesar 28,19%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-22
How to Cite
AFIFAH, Anis; WAHYUNI, Sri; ZULIANTO, Mukhamad. PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2019 UNIVERSITAS JEMBER). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 60-65, apr. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/23499>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.23499.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>