PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2019 UNIVERSITAS JEMBER)
Abstract
Penelitian dilakukan guna melihat pengaruh celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember. Penelitian adalah jenis kuantitatif. Metode penetapan lokasi penelitian memakai purposive area yakni Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember. Responden penelitian yakni 98 responden. Metode pengumpulan data: kuesioner dan wawancara. Uji instrumen data memakai validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data: editing, skoring, dan tabulasi. Untuk uji asumsi klasik memakai uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Analisis data memakai analisis inferensial yakni memakai regresi linier berganda, varian garis regresi, uji F, uji t, koefisien determinasi berganda, efektifitas garis regresi berganda dan standart error of estimate regresi linear berganda. Membuktikan yaitu simultan celebrity endorser dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember yaitu Fhitung = 275,767 > Ftabel = 3,092 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yakni senilai 0,924 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Besarnya persentase celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2019 Universitas Jember sebesar 85,3%. Variabel yang dominan yakni celebrity endorser sebesar 57,11%, sedangkan variabel citra merek berpengaruh sebesar 28,19%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.