PERBEDAAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

  • Yulinartati Yulinartati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan persentase kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator (3) Perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Sampel penelitian ini adalah perusahaan pada sektor manufaktur tahun 2006 - 2008 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 34 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator tidak dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Terdapat perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Kata Kunci: Tanggung jawab sosial perusahaan, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajemen
How to Cite
YULINARTATI, Yulinartati. PERBEDAAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1194>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.