PENGEMBANGAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA MODEL CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Riswanda Himawan PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Abstrak: Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 difokuskan pada pembelajaran berbasis teks. Peserta didik dituntut untuk menghasilkan luaran berupa teks di setiap akhir pembelajaran. Dalam mencapai target luaran tersebut maka guru harus bisa memberikan motivasi kepada peserta didik dalam pembelajaran dengan merancang pembelajaran yang menarik dan mengkolaborasikan antara media pembelajaran, strategi pembelajaran dan model pembelajaran. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana mengembangkan RPP dengan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia materi teks prosedur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D dengan langkah pengembangan menurut Sugiyono. Dari bebrapa langkah pengembangan penelitian ini dibatasi sampai dengan desain produk. Desai produk tersebut merupakan RPP dengan pendekatan CTL dalam
pembelajaran bahasa Indonesia, materi teks prosedur. Dalam artikel ini akan dibahas deskripsi desain produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pembahasan yang berupa konseptual, konseptual didapatkan berdasarkan teori dari berbagai macam rujukan yang digunakan. Penelitian ini tidak hanya berhenti pada proeses analisis saja, namun hasil penelitian nantinya juga akan disimpulkan.


Kata Kunci: Pengembangan, Model, Pembelajaran, Kontekstual, Covid-19

Published
2021-05-21
How to Cite
HIMAWAN, Riswanda. PENGEMBANGAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA MODEL CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 219-234, may 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24342>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.