• BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA DI ERA BERKELIMPAHAN
    2021

    Puji syukur kita ucapkan bersama atas terlaksananya Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS). Seminar ini merupakan momentum terbaik untuk membuka wahana baru penyampaian ilmu pengetahuan dalam bahasa, sastra, dan pembelajarannya yang pada kesempatan ini mengangkat tema bahasa, sastra, dan pembelajarannya di era berkelimpahan . Tema tersebut dimaksudkan agar kita berbagi ilmu dan berdiskusi untuk membuka pemikiran kita tentang luasnya sumber pengetahuan, kata raya, dan limpah ruahnya bahan pembelajaran sehingga kita dapat belajar tanpa mengenal batasan. Lalu, respon apa yang dapat kita berikan untuk masa yang cemerlang ini? Seminar ini telah memberikan ruang pada kita untuk berbagi pengetahuan bagaimana Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya di Era Berkelimpahan bersikap, berkarya, mengajar, membelajarkan, mendidik, dan memosisikan diri sebagai pemerhati, pembelajar, peneliti bahasa, sastra, dan seni.

    Segala yang diraih dengan mudah belum tentu membawa dampak dan konsekuensi. Pada masa kini, peran guru dan dosen sangat erat dengan penentuan sikap terhapa bahan ajar dan atau sumber belajar serta metode pembelajaran. Tantangan ini tentu perlu kita sambut dengan menerima dan menyatu dalam
    perkembangan, bergerak dan berkarya tanpa mengenal lelah. Meski demikian KERJA BELUM SELESAI! Banyak tantangan dan harapan yang akan kita raih.

    Cetakan 2021
    viii + 302; 14 x 20 cm
    ISBN: 978-602-0787-69-5

  • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika
    Vol 4 No 1 (2019)

    Artikel dalam prosiding ini dipresentasikan dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Fisika dengan tema Integrasi Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam mengembangkan Budaya Ilmiah di Era Revolusi 4.0 pada tanggal 17 November 2019 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Buku prosiding ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP – Universitas Jember.

  • SEMINAR NASIONAL #5: BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS 2045
    2020

    Fokus seminar nasional ke-5 tahun 2019 yakni membahas dan mengkaji materi maupun strategi pengembangannya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di era milenial dalam menyongsong generasi emas 2045. Adapun pemateri yang akan membicarakan hal tersebut adalah 1. Dr. H. Emil E. Dardak, M.Sc. (Wakil Gubenur Jawa Timur dan Pengamat Pendidikan); 2. Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum. (Ahli Penulisan Sastra/Rektor IKJ Jakarta); 3. Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd. (Ahli Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia/Warek 1 Unesa); 4. Dr. Arju Muti'ah, M.Pd. (Ahli Pembelajaran Bahasa Indonesia PBSI FKIP UNEJ) dan para pemakalah dalam sidang komisi dengan tema-tema yang beragam.

    ISBN: 9786026168160

  • SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KA-FKIP UNEJ
    2018

    Prosiding ini merupakan hasil publikasi dari pemakalah Seminar nasional Pendidikan yang diadakan oleh Keluarga Alumni FKIP Universitas Jember.

  • PROSIDING SEMINAR NASIONAL #4 EKSPLORASI BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA JAWA TIMURAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN BERBASIS EKOLOGI
    2018

    Seminar Nasional (SEMNAS #4) yang keempat dengan tema “Eksplorasi Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa Timuran Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Ekologi”. Seminar ini dilatarbelakangi adanya bentuk refleksi perkembangan bahasa, sastra dan budaya Jawa Timuran yang berkelindan dengan ekologisnya yang khas. Perkembangan tersebut akan banyak ditentukan oleh tingkat kemajuan masyarakat dan peranan yang strategis dalam mengolah manusia dan ekologisnya, baik pada tataran mikro/makro kosmos. Oleh karena itu, Seminar ini memberikan ruang eksplorasi bahasa, sastra dan budaya yang ada di Jawa Timur sebagai lokus dalam upaya penguatan pendidikan berbasis ekologi. Hal yang perlu kami sampaikan bahwa di dalam proses berkebangsaan, posisi yang harus diambil bukan hanya penegasan identitas Jawa Timuran, melainkan harus menjadi subyek yang memiliki visibilitas, kreatifitas dan responsibilitas dalam mengolah potensi-potensi baik pada aspek bahasa, sastra, budaya dan ekologisnya di Jawa Timur yang berakar pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

    ISBN

    978-602-61681-4-6

    Anggota APPTI JATIM

    Nomor Anggota: 002.095.1.05.2019

     

  • PROSIDING SEMINAR NASIONAL #3: BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM KONTEKS GLOBAL
    2017

    ISBN: 978-602-61681-0-8

    Artikel dalam prosiding ini dipresentasikan dalam acara Seminar Nasional #3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global pada tanggal 22 Maret 2017 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Buku prosiding ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia FKIP - Universitas Jember.

  • Proceeding of the Workshop on Intercultural Communication
    2017

    ISBN: -

    Presented articles on Proceeding of the Workshop on Intercultural Communication, 13 January 2017, CDAST Building Jember University, Indonesia.

  • SEMINAR NASIONAL #3: BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM KONTEKS GLOBAL
    2017

    ISBN: 978-602-61681-0-8

    Artikel dalam prosiding ini dipresentasikan dalam acara Seminar Nasional #3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global pada tanggal 22 Maret 2017 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Buku prosiding ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia FKIP - Universitas Jember.

1 - 14 of 14 items