PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

  • Mita Dwi Agustin
  • Maryani Maryani
  • Bambang Supriadi

Abstract

Fisika merupakan pelajaran yang sangat bermanfaat karena berkaitan dengan kehidupan di dunia nyata. Namun, siswa selalu beranggapan bahwa fisika adalah pelajaran yang sangat sulit serta membosankan. Fisika akan menjadi mudah apabila siswa mampu memahami konsep-konsep fisika yang ada. Siswa dapat memahami konsep-konsep fisika dengan cara menanyakan kembali kepada guru atau teman terkait konsep yang masih belum dipahami dan menulis kembali yang telah didiskusikan bersama. Apabila siswa aktif dalam bertanya dan menulis kembali segala sesuatu yang telah didapat, maka siswa akan menguasi dan mampu mengingat konsep-konsep fisika. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) diharapkan dapat membimbing siswa untuk berpikir, berbicara, dan menulis. Aktivitas berbicara di bantu dengan menggunakan metode talking stick. Metode talking stick adalah sebuah cara yang mewajibkan siswa utuk mengeluarkan sebuah pendapat mengenai suatu materi fisika. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar yang dapat terjadi pada saat proses pembelajaran serta mengkaji hasil belajar fisika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan metode talking stick. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan metode talking stick berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Metode Talking Stick, Aktivitas Belajar Siswa, dan Hasil Belajar Siswa

Published
2019-12-27
How to Cite
AGUSTIN, Mita Dwi; MARYANI, Maryani; SUPRIADI, Bambang. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 191-194, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15165>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.