Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Scientific Approach
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran berbasis scientific approach yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan Quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran berbasis scientific approach terhadap literasi sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Srono dengan sampel kelas VII.1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan tes literasi sains. Hasil penerapan pembelajaran berbasis scientific approach dan perangkat pembelajarannya diperoleh peningkatan literasi sains berdasarkan nilai N-gain pada kelaskontrol sebesar (kategori rendah), sedangkan pada kelas eksperimen sebesar (kategori sedang). Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis scientific approach dan perangkat pembelajaran yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa
Keywords: literasi sains, pembelajaran berbasis scientifi approach, perangkat pembelajaran