Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi SMA
Abstract
Pembelajaran geografi kelas X memiliki banyak informasi yang perlu disajikan, akan tetapi terlalu sedikit waktu yang disediakan. Penyajian dan penyampaian informasi dalam pembelajaran terkadang kurang bermakna dan menuntut peserta didik untuk menghafal konsep-konsep pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa geografi SMA. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penetapan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan cluster random slamping yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 25, dengan hasil berdistribusi homogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Kedua kelas penelitian tersebut sama-sama diberikan materi Seisme dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan, untuk kelas eksperimen menggunakan model contextual teaching and learning dan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data keterampilan berpikir kreatif, analisis data hasil belajar, uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa geografi SMA berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test bahwa nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.