Peran Sektor Pertanian Dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Jember (Ditinjau dari Aspek PDRB, Penyerapan Tenaga Kerja, dan Indeks Harga Konsumen)

  • Zulfa Majidah Mahasiswa
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan sektor pertanian dalam pembangunan Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dan informan penelitian yaitu Karyawan Diperta Kabupaten Jember, Kabid Data dan Laporan Bappeda Jember, dan Karyawan Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa Sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan Ekonomi di kabupaten Jember. Peranan sektor pertanian dapat dilihat dari kontribusinya pada PDRB yaitu menyumbang sekitar 30% pada PDRB Kabupaten Jember. Selain itu sektor pertanian juga menyerap hampir separuh tenaga kerja di Kabupaten Jember yaitu sekitar 40% dari penduduk Kabupaten Jember. Aspek pembangunan ekonomi yang ketiga yaitu Indeks Harga Konsumen yang berkaitan dengan inflasi. Sektor pertanian merupakan sektor dengan komoditas yang menentukan laju inflasi. Komoditas pertanian seperti daging ayam dari subsektor peternakan merupakan  komoditas penyumbang inflasi terbesar pada bulan Ramadhan Mei 2018. Namun komoditas pertanian lain dari subsektor tanaman pangan yaitu bawang merah dan bawang pitih dapat menekan laju inflasi di Kabupaten Jember. Oleh sebab itu sktor pertanian merupakan sektor penggerak perekonomian di Kabupaten Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2021-02-26
How to Cite
MAJIDAH, Zulfa; SUKIDIN, Sukidin; HARTANTO, Wiwin. Peran Sektor Pertanian Dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Jember (Ditinjau dari Aspek PDRB, Penyerapan Tenaga Kerja, dan Indeks Harga Konsumen). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 97-102, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/18482>. Date accessed: 19 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18482.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>