IMPLEMENTASI PROGRAM INTENSIF BELAJAR UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL KELAS XII IPS DI MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Ika Kusniatun Kasanah Universitas Jember
  • Bambang Suyadi Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program intensif belajar untuk menghadapi ujian nasional kelas XII IPS di MAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan implementasi program intensif belajar di MAN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang akan digunakan yaitu kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program intensif belajar di  MAN 1 Jember terdiri dari perencanaan, pelaksanaaan dan evaluasi. Perencanaan terdiri atas kegiatan merencanakan tenaga pengajar, waktu, tempat, biaya, materi yang akan disampaikan. Tenaga pengajar program intensif belajar di MAN 1 Jember merupakan guru MAN 1 Jember. Tempat pelaksanaan program intensif belajar di kelas XII IPS MAN 1 Jember. Program intensif belajar dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis pada pukul 14.30-16.00 WIB pada bulan September 2016 sampai bulan Maret 2017. Materi yang disampaikan merupakan mata pelajara bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan mata pelajaran IPS. Materi yang diberikan sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional pada tahun 2016/2017. Pelaksanaan kegiatan program intensif belajar di MAN 1 Jember meliputi pemantapan penguasaan materi (pembahasan soal-soal), pemantapan berlatih (pretest dan tryout), serta persiapan masuk perguruan tinggi. Evaluasi terdiri atas menilai perkembangan peserta didik yang dilihat dari nilai pretest dan nilai tryout. Program intensif belajar di MAN 1 Jember sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pretest, tryout I dan tryout II serta nilai UNBK dari peserta didik. Semua peserta didik lulus dengan nilai yang baik dan sebanyak 80 peserta didik atau 68,37% dari jumlah 117 peserta didik diterima dierguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Kusniatun Kasanah, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bambang Suyadi, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-05-12
How to Cite
KUSNIATUN KASANAH, Ika; SUYADI, Bambang; SUKIDIN, Sukidin. IMPLEMENTASI PROGRAM INTENSIF BELAJAR UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL KELAS XII IPS DI MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 128-134, may 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7623>. Date accessed: 19 july 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7623.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>