PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PABRIK ROKOK GAGAK HITAM KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO

  • Alvin Efendi Khoirul Ulum Universitas Jember
  • Bambang Suyadi Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada pabrik rokok Gagak Hitam Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, dan untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara lingkungan kerja dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada pabrik rokok Gagak Hitam Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Lingkungan kerja pada penelitian ini terdiri dari lingkungan kerja fisik antara lain penerangan/cahaya di tempat kerja, sirkulasi udara di tempat kerja, kebisingan di tempat kerja, keamanan di tempat kerja dan sedangkan lingkungan kerja non-fisik terdiri dari hubungan atasan dengan bawahan dan hubungan sesama rekan kerja. Keterampilan kerja pada penelitian ini terdiri dari mampu menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan di tempat kerja, mampu menguasai cara mengerjakan tugas/pekerjaan dan berorientasi pada peningkatan mutu pekerjaan. Produktivitas kerja karyawan pada penelitian ini yaitu hasil lintingan rokok karyawan. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 70 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, koefisien determinasi berganda, uji F, uji t, efektivitas garis regresi berganda, standart error of estimate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan keterampilan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada pabrik rokok Gagak Hitam Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso sebesar 87,2%. Selain itu, pengaruh yang paling dominan antara lingkungan kerja dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada pabrik rokok Gagak Hitam Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoos adalah keterampilan kerja sebesar 56,44%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alvin Efendi Khoirul Ulum, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bambang Suyadi, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Published
2018-08-03
How to Cite
KHOIRUL ULUM, Alvin Efendi; SUYADI, Bambang; HARTANTO, Wiwin. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PABRIK ROKOK GAGAK HITAM KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 173-178, aug. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8311>. Date accessed: 24 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8311.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>