PENGARUH KUALITAS APLIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan GOJEK di kota Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Kota Jember. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling yaitu sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan GOJEK di Kota Jember yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 323,606 > Ftabel = 4,007 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,921. Besarnya persentase kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan sebesar 84,8%. sedangkan sisanya yaitu 15,2% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik kualitas aplikasi maka akan semakin tinggi kepuasan pelanggan GOJEK di Kota Jember.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.