PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember)

  • Muhamad Bagus Mulianto Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari brand image (citra merek) terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung (studi kasus pada mahasiswa FKIP Universitas Jember). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis inferensial meliputi analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi (R2) dan standart error of estimate. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu FKIP Universitas Jember. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skoring, editing, dan tabulasi. Berdasarkan hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 204,690 > Ftabel = 4,043 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu “ada pengaruh yang signifikan variabel brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember”. Hasil perhitungan efektifitas garis regresi (R2) sebesar 0,810, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 81%, sedangkan sisanya sebesar 19% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 


Kata Kunci : Brand Image, Keputusan Pembelian Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2021-02-27
How to Cite
MULIANTO, Muhamad Bagus; WIDODO, Joko; WAHYUNI, Sri. PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 110-114, feb. 2021. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/20153>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20153.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>