PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari brand image (citra merek) terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung (studi kasus pada mahasiswa FKIP Universitas Jember). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis inferensial meliputi analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi (R2) dan standart error of estimate. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu FKIP Universitas Jember. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skoring, editing, dan tabulasi. Berdasarkan hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 204,690 > Ftabel = 4,043 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu “ada pengaruh yang signifikan variabel brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember”. Hasil perhitungan efektifitas garis regresi (R2) sebesar 0,810, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung pada mahasiswa FKIP Universitas Jember sebesar 81%, sedangkan sisanya sebesar 19% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Brand Image, Keputusan Pembelian Konsumen
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.