STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PADA UMKM KERAJINAN BAMBU DI DESA GINTANGAN KECAMATAN BLIMBINGSARI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi diversifikasi produk pada UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah pemilik UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi sebagai informan utama, sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini ialah masing-masing karyawan dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi menerapkan strategi diversifikasi konsentris, dimana produk baru yang dihasilkan masih mempunyai kaitan dengan produk sebelumnya dalam hal bahan baku, pemasaran, dan teknologi yang digunakan. Produk baru dan produk sebelumnya mempunyai bahan baku yang sama, yaitu bambu yang mempunyai jenis apus. Target pemasaran yang dituju ialah outlet kerajinan dan masyarakat yang produknya dikonsumsi sendiri. Teknologi yang digunakan produk baru dengan produk sebelumnya juga sama yaitu menggunakan teknologi sederhana dan mesin bor. Keragaman produk yang diproduksi meliputi jenis dan tipe produk, warna, mode, dan ukuran produk. Jenis produk yang diproduksi, diantaranya 1) Peralatan dapur tradisional, 2) Peralatan dapur modern, 3) Fungsional, 4) Souvenir, 5) Hiasan, dan 6) Property. Warna kerajinan bambu yang dihasilkan UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan sangat beragam, seperti coklat, biru, merah, ungu, hijau, dan natural. Mode produk yang dihasilkan oleh UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan sangat beraneka ragam dan mempunyai nilai seni. Ukuran produk yang dihasilkan UMKM Kerajinan Bambu di Desa Gintangan ini berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tipe produk.
Kata Kunci: Strategi diversifikasi produk, UMKM
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.