PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KALENGAN ABC (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN KALIMATI MUNCAR, BANYUWANGI)

  • Nufilatul Hasanah Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember
  • Mukhamad Zulianto Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ikan Kalengan ABC pada ibu rumah tangga di Dusun Kalimati Muncar, Banyuwangi. Penelitian ini memakai metode purposive area yang bertempat di Dusun Kalimati Muncar, Banyuwangi. Responden yang dipakai berjumlah 85 ibu rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Uji instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas, untuk teknik pengolahan data memakai editing, skoring dan tabulasi. Analisis data memakai garis regresi sederhana. Hasil penelitian bahwa adanya pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ikan kalengan ABC pada ibu rumah tangga di dusun kalimati muncar, Banyuwangi. Besarnya uji Fhitung = 512,453 > Ftabel = 3,956 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,928 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Presentase hasil penelitian sebesar 86,1% dan 13,9% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti seperti gaya hidup, motivasi dan persepsi. Kualitas produk yang baik mampu membuat ibu rumah tangga di Dusun Kalimati Muncar, Banyuwangi memilih untuk membeli ikan kalengan ABC.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mukhamad Zulianto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2022-04-17
How to Cite
HASANAH, Nufilatul; WIDODO, Joko; ZULIANTO, Mukhamad. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KALENGAN ABC (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN KALIMATI MUNCAR, BANYUWANGI). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 21-26, apr. 2022. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/22341>. Date accessed: 28 sep. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>