ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI KERAJINAN MARMER DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • Aditya Suhono Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis strategi bersaing pada industri kerajinan marmer untuk memperoleh keunggulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik industri kerajinan marmer UD. Gemmy Mulya sebagai informan utama dalam menentukan strategi bersaing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Langkah-langkah analisis data adalah reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh strategi SO (Strengths-Opportunities) mendapatkan dukungan untuk menghasilkan kesempatan yang sama. Seperti pertumbuhan sosial ekonomi, kemajuan teknologi, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk maupun pemasaran, serta memperkenalkan industri marmer kekalangan lebih luas. Strategi ST (Strengths-Threats) adalah melakukan pembaharuan produksi maupun pemasaran seiring kemajuan teknologi, dan melakukan kegiatan sharing untuk menunjang pengembangan industri, dengan mempertimbangkan akan keterbatasan bahan baku serta semakin banyak pesaing sejenis. Strategi WO (Weakness-Opportunities) yaitu melibatkan berbagai pihak seperti instansi, sumber daya manusia, kegiatan pemasaran atau produksi untuk mendapatkan keunggulan dan perkembangan industri. Strategi WT (Weakness-Threats) adalah dengan melakukan penguatan kemitraan antar industri marmer ataupun lembaga terkait untuk menjalin komunikasi dalam mencapai tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Hasil dari pembobotan IFAS (Internal Factor Analysis Strategy) sebesar 1,05 dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Strategy) sebesar 1,0 maka menghasilkan pertumbuhan stabilitas tetapi bersifat penting. Diagram analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) menghasilkan penetapan pada kuadran I yaitu strategi progresif dimana faktor peluang dan kekuatan internal industri dilakukan secara bertahap yang mendukung pertumbuhan agresif untuk mendapatkan keunggulan bagi industri marmer di Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
SUHONO, Aditya; WAHYUNI, Sri; WIDODO, Joko. ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI KERAJINAN MARMER DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 327-331, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16373>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16373.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>