PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 01 KALISAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Faizzatul Immah Universitas Jember
  • Sukidin sukidin Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 01 Kalisat. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah para guru PNS dan Non PNS yang terserifikasi di SMA Negeri 01 Kalisat, sedangkan informan penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Negeri 01 Kalisat. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis garis regresi sederhana berupa uji F, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan F hitung = 213,767 > F tabel = 4,113 dengan nilai α = 0,05 > sig F 0,000 maka terdapat pengaruh kompetnsi profesional guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kalisat. hasil koefisien korelasi menunjukkan angka 0,925 yang artinya hubungan antara variabel kompetensi profesional guru dengan kinerja guru di SMA Negeri 01 Kalisat sangat kuat. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya persentase pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 01 Kalisat ialah sebesar 85,6%. Sedangkan 14,4% sisanya ialah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukidin sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-04-01
How to Cite
IMMAH, Faizzatul; SUKIDIN, Sukidin; KARTINI, Titin. PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 01 KALISAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 253-255, apr. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/12493>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12493.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>