Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa

  • Lingga Asni Maulina Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract


Aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran yang diterapkan sebelumnya, model pembelajaran konvensional artinya pembelajaran lebih berpusat pada guru, hal itu tentu berdampak pada kurangnya pemaham siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Perlu adanya perbaikan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang bersifat konstruktivistik artinya siswa mengkonstruk pengetahuan sendiri sehingga siswa menjadi lebih aktif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle 7E dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember kompetensi dasar jurnal khusus Semester Genap tahun ajaran 2017/2018, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model Learning Cycle 7E dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,7 meningkat menjadi 3,4 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa 78,4 dan ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 83,7 dan ketuntasan belajar secara klasikal 84%.


 


Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Akuntansi, Model Learning Cycle 7E


 

Published
2018-08-14
How to Cite
ASNI MAULINA, Lingga; KANTUN, Sri; KARTINI, Titin. Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-39, aug. 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8372>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8372.
Section
Articles